Minggu, 28 April 2019

Jenis-Jenis Pepatra Bali

Jenis-Jenis Pepatra Bali

     Halo teman-teman, kali ini saya akan membahas tentang Pepatra Bali. Pepatra Bali memiliki beberapa jenis sebagai berikut:

1. Patra Cina
     
     Patra cina memiliki ciri adanya dominasi bunga dengan bentuk lingkaran atau bulat. Ciri lain adalah adanya kelopak daun cenderung berbentuk bulat.
2. Patra Punggel

Patra punggel memiliki ciri adanya elemen yang disebut dengan “batun poh” atau biji mangga. Bentuk elemen ini adalah oval dengan garis tepi melengkung dan terdapat pahatan yang membentuk garis pada bagian dalam.
3. Patra Ulanda

     Patra ulanda memiliki kemiripan dengan patra samblung dan patra sari. Perbedaan yang dapat dilihat adalah bentuk bunga yang lebih oval dan memanjang.
4. Patra Banci

     Patra banci memiliki karakteristik adanya percampuran dari berbagai jenis pepatran. Banci dapat didefinisikan sebagai adanya penggabungan dua atau lebih unsur yang berbeda ke dalam satu karya atau objek.
5. Patra Samblung

     Karakteristik dari patra samblung adalah dominasi sulur dan daun yang lebar. Bunga hadir pada bagian-bagian tertentu dengandimensi yang kecil.
6. Patra Sari

     Patra sari memiliki ciri adanya sari yang terlihat pada bunga. Sari bunga ini biasanya menjadi pusat atau memiliki posisi tersendiri sesuai dengan imajinasi senimannya.

Sekian informasi dari saya jika ada kesalahan kata, mohon di maafkan. Sampai sumpa di lain waktu, Bye


11 komentar:

Lukisan Perasi

Lukisan Perasi      Prasi adalah lukisan dan gambaran  dalam naskah  lontar . Di Bali, naskah lontar tidak hanya berupa  aksara  atau t...